Arti Kuliah..

Aha..kuliah..,,apa artinya..??untuk apa..??kenapa harus..??
buat para mahasiswa yg lg pada sibuk ngerjain tugas.. praktikum.. survey.. ngetik.. browsing.. jalan2.. dugem.. nonton bioskop..etc..mungkin sesekali perlu sedikit merenung..kenapa kita kuliah..??
dr berbagai sumber setelah diwawancarai ada berbagai pendapat ttg yg namanya “KULIAH”:
1. kata orang tua saya..”..kuliah tu ad/ masa transisi antara Hak & Kewajiban..maksudnya..sebelum kuliah km diberi peluang sebesar2nya u/ lbh banyak menuntut hakmu dari org2 t’dekatmu..tp setelah kuliah..km bakal lebih banyak dituntut u/ lebih memikirkan kewajibanmu terhadap org2 yg ada di dekatmu..dan u/ masa transisi itu..perlu adanya perubahan sikap..dmn lingkungan p’kuliahan akan m’bantu km melewati sulitnya perubahan itu..memang berubah itu gak enak buat dilakukan..tp begitu indah untuk di kenang..km bakal ngerti sendiri..suatu saat nanti..”
2.kata temen maen saya “..kuliah tu waktunya nimatin hidup..bebas dr org tua..tp ttp dpt kiriman..gak ada yg komplen kita mo ngapain jg..lagian kuliah tu singkat..jd manfaatin bener2..jalan2..dugem..nonton sm tmn..pokoknya tanpa beban de..soalnya kl habis kuliah..mana bisa lagi seneng2 ky skg..yg ada jg qt mesti kerja..cari duit..buat balas budi ortu..ato buat p’siapan nikah..ato minimal buat diri sendiri..malu kan kl hbs kuliah msh juga “ngemis” sm ortu..jd gak ada wktu lg buat seneng2..
3.kata temen kuliah saya “..kuliah tu bikin stress..enakan pas sma dulu..tugas gak seberat kuliah..dosennya garing..bikin ngantuk..mana bisa ngerti..tau-tau ngasi tugas..gak ngerti gmn ngerjainnya..bingung..smpe besoknya deadline..wah..udah de..mesti nglembur..printer ngadat..pokoknya macem2 kasusnya kl ud ngejar deadline..besoknya..kerjaan disalah2in sm dosen..trus revisi 2-3kali..saking mangkelnya..dosen bilang..y ud kumpulin aja..akhirnya keluarlah nilai sulapan..yg aktif dpt rendah..yg pasif dpt tinggi..huh..gak jelas..”
4.kata temen saya yg alim “..kuliah itu waktunya kita m’cari jati diri..sebagai khalifah yg bs m’beri manfaat pada lingkungannya..waktunya m’cari ilmu..krna u/ masuk surga harus dgn ilmu..waktunya qt diuji oleh Tuhan..dgn kebebasan masa kuliah..apakah qt manfaatkan dgn bijak..atau dgn sia-sia..waktunya u/ belajar menjalin silaturahmi dgn org2 di sekitar qt..
5.kata temen saya yg playboy “..kuliah tu waktunya qt mencari pasangan hidup..seperti kl mau beli sepatu..ya di coba2 dulu..masa’ ketemu 1 lgsg beli..?!!gak kan..jd habiskanlah masa kuliahmu buat pacaran..gak cocok sm yg 1, cari yg laen..dunia itu gak selebar daun kelor,man..ntar kl ud banyak “stok”..tinggal milih salah 1..ato kl bingung milih..poligami aja..boleh kan..”
6.kata temen saya yg aktivis “..kuliah tu jgn cuma akademis tok..rugi..udah temen sedikit..iya kl semua teori qt ngerti..buktinya..??!!wong yg lulus kumlaut aja blm tentu sukses kok..makanya organisasi tu jg penting..soalnya jaman skg tu yg penting link..koneksi..trus jg belajar komunikasi dgn b’bagai karakter org..trus jg belajar profesional..belajar b’tgg jwb..selain itu jg biar peka sm lingkungan..trus nglatih otak u/ b’fikir “why”..bukan cuma b’fikir “how”..
7.kata temen saya yg cewe versi I “..kuliah tu yg penting lulus..hbs kuliah lgsg nikah..jd gak usah neko2..apa kt dosen ya ikutin..skripsi jg yg gampang2 aja..hidup itu seperti air mengalir..”
8.kata temen saya yg cewe versi II “..kuliah tu biar ntar gak jd ibu rumah tangga yg bisanya cm masak..bersih..nungguin anak..sekarang kan udah emansipasi wanita..jd qt jg mesti b’saing..buktinya di perkuliahan anak cewe lbh banyak yg pinter drpd cowo..jd jgn mau kalah sm cowo..
9.kata temen saya yg bisnisman “..kuliah tu banyak waktu luangnya..drpd ngabisin waktu u/ yg gak b’manfaat..mending cari duit..itung2 belajar mandiri..soalnya selama ini mahasiswa pd umumnya ngrasa cukup nyaman dgn kiriman ortu..padahal qt gak tau kiriman itu dtgnya dr kerja keras mereka..ato mgk ngutang sm tetangga..ee..qt taunya cm ngabisin..cobalah b’fikir..kl selama ini qt dikirimin duit..sekali-kali qt yg ngirimin duit buat ortu..asik kan..

nah..itulah td beberapa hasil wawancara dgn beberapa pihak..tiap org berhak b’pendapat..terlepas pendapat mereka benar ato salah..kuliah ato gak kuliah..ato kuliah sambil kerja..sambil pacaran..sambil organisasi..ato sambil-sambil yg lain..yg penting qt semua tau bahwa biar gmnpun “hidup itu pilihan”..

About these ads

10 Comments »

  1. mitra Said:

    hehehe…

    ami, kuliah itu gaya hidup terpelajar untuk menutupi yg kurangajar biar dikira orang wajar dan kalo kesasar masih bs bilang “yah namanya jg lagi belajar… ”

    ^_^

  2. amie Said:

    wha..ha..ha..
    bs aja km,mit..pengalaman ya..

  3. ekazh Said:

    ngerasa sedih semua ya??

  4. rasat Said:

    keterampilan menulis perlu dikembangkan oleh mahasiswa seperti anda sekarang. saya do’akan semoga anda nanti mendapat istri yang sholehah, cantik, pinter, pengertian, dll.
    amin,
    wassalam,
    rasat, jogja

    • amie03 Said:

      Amieen.. Terima Kasih atas doanya.. semoga andapun demikian..

  5. eli Said:

    pen9ertian kuliah secara umum tuh apa sih???????????

  6. RIKIT INDRA Said:

    wah hebat aku kapan kapan di jelasin lagi ya. ma kasih tahu gimana buat nyuri hati dosen.

  7. afeee Said:

    salam kenal maz..artikelnya bagus..

  8. rate dwie Said:

    hahahaha
    miris liat komentar yang bagian cowok playboy :D

    • amie03 Said:

      Yaah, namanya jg playboy.. masih suka bermain.. hehehe..


{ RSS feed for comments on this post}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: