minder..ke laut aja..

ehm..sebuah kalimat yg mgk bs jd renungan“..segala bidang dimenangkan oleh mereka yg PERCAYA bahwa mereka pasti akan MENANG..
Minder..sifat negatif yg m’buat qt akan selalu tenggelam dlm ketakutan yg m’hantui..
minder..ad ekspresi rasa takut diri thd se1..rasa takut ad kesan/perasaan ketdksanggupan dlm m’hdpi situasi yg blm tjd..blm apa2 sdh merasa takut & g mampu..dgn alasan bukan mjd t4 baginya atau merasa g bs b’saing dgn keadaan yg ada..atau alasan2 lain yg g m’dasar..
Minder jg ad wujud ketdkp’cayaan thd diri sendiri..thd kemampuan & daya yg qt miliki..citra diri yg negatif inilah yg a/ m’bw qt u/ terus b’ada dlm rumah ketakutan..Anda a/ mjd spt katak dlm tempurung..g bs b’gerak & b’tindak bebas..cuma mengeluh & meratapi nasib..Anda a/ sllu b’kata bhw “Tuhan tidak adil”..dr sikap2 negatif itulah yg a/ m’bw Anda pd kehancuran & ketdkbahagiaan hidup selamanya..
Pd dsrnya..minder itu muncul krn p’citraan thd diri oleh diri sendiri/lingkungan/org2 sekitar..kl stempel yg telah dicitrakan kpd qt itu negatif..maka hal itu yg mjd neraka kehidupan bagi qt..misal;kl qt sering disebut sbg anak nakal..maka pd kehidupan selanjutnya qt a/ mjd manusia yg ‘sifat nakal & b’sifat m’hancurkan thd lingkungan..
Namun..segala btk stempel citra diri itu bs b’pengaruh bila pada saat penggambaran itu dilakukan qt msh dlm kondisi psikologis & intelek yg msh sangat rapuh..atau msh dlm rangka penemuan jati diri..Artinya..hal itu dilakukan pada saat qt msh blm mampu memikirkan mana yg baik & yg buruk..mana yg putih & yg hitam..
Ketidakmampuan itulah yg a/ sangat b’pengaruh pd sisi kejiwaan qt..shg self-image yg diciptakan u/ diri qt a/ cpt sekali menemukan pembenarannya dlm sisi kejiwaan qt..Apalagi jika itu dilakukan scr simultan & m’dpt pembenarannya dr lingkungan & org2 yg qt anggap representatif u/ di p’cayai..maka hal itu a/ semakin m’p’tebal keyakinan bhw qt ad spt apa yg mereka ciptakan & sangkakan kpd qt..dr keyakinan itu pula yg a/ m’btk diri qt selanjutnya smp qt bs m’bangun diri sendiri u/ m’ubahnya..Hal itu jg yg a/ m’bw qt kpd kesimpulan bhw Tuhan tidak adil pd qt..kehidupan pun jg b’laku serupa dgn selalu m’himpit qt kmnpun qt b’jalan..Lalu apa yg harus qt lakukan..??
Pd dsrnya..rasa minder muncul krn qt blm tau pasti hakikat & potensi diri..selain itu..qt g pny tujuan jelas ttg hidup qt sehingga qt g tau hrs b’buat apa & bagaimana yg sehrsnya qt lakukan..
Setiap manusia pny kelebihan & kelemahan msg2..org sukses ad mereka yg bs memaksimalkan kelebihan2nya & meminimalkan kekurangan2nya..Manusia spt itu ad manusia yg bs m’bunuh keadaan yg m’hambat kesuksesan..t’msk salah satunya yaitu rasa minder & g p’caya diri..Hal itu harus disadari & dilakukan p’tama kali oleh setiap org yg pengen sukses dalam hidupnya..
Menanamkan rasa p’caya diri sebenarnya g begitu sulit spt yg di kira byk org..Mirabeau..sastrawan Prancis..mengatakan dgn bahasa yg lugas..“Tunjukkan kepercayaan pada diri sendiri dlm semua hal yg Anda lakukan..B’buat & b’fikirlah seakan-akan di dunia ini gak pernah ada kegagalan..Hanya dgn sikap spt itu..seseorang akan m’capai tujuan..”..

4 Comments »

  1. linggar Said:

    Bagus banget mas!!! bisa menambah semangat dan motivasi untuk melakukan sesuatu atau paling tidak motivasi untuk hidup…

  2. amie Said:

    amien..aq yakin km bener2 bs nerapin itu k lingkungan..minimal k dirimu sendiri..pertanyaannya, km sendiri yakin/gak??

  3. linggar Said:

    itu dia masalhnya mas… ada kadangnya saya bisa menerapkan hal itu tapi kadang juga untuk hal2 tertentu saya gak bisa nerapin..
    y intinya gak konsisten…
    memang hal yang kayak gini mungkin harus diingat terus menerus!!!
    menurut mas sendiri gimana??
    lho kok jd curhat nie?? tp gak apa2 kan mas?

  4. amie Said:

    it’s ok..emg roda terus b’putar,gar..jd wajar kl kykgt..tp yg penting qt terus m’coba..namanya jg belajar..gak mungkin berhasil terus..km igt kan..justru org yg paling sukses di dunia tu org2 yg paling banyak gagalnya..karena mereka banyak m’coba..makanya banyak gagal..tp jg banyak b’hasil..yg penting banyak action..hukum pareto bakal berlaku..
    tp kl boleh tau..hal2 kyk gmn yg km bisa ‘n hal2 yg kyk gmn yg km gak bs??mungkin aq jg pernah ngalamin..


{ RSS feed for comments on this post}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: