’bout Planning..

Kuliah d PWK (Planologi) emg agak aneh..sekarang ngbahas ilmu sosial..besok ngutak-atik angka..d lain waktu belajar hukum..kadang bermain dgn statistik..trus belajar mengkhayal..selebihnya improvisasi deh..bahkan salah seorang dosen pernah berfilosofi ttg PWK (Planologi) yg berbunyi “Kuliah d Planologi itu m’buat qt berjiwa besar, karena Planologi (yg d singkat PL)..seperti qt tau bahwa Panjang (P) x Lebar (L) = LUAS..jd cakupan keilmuan qt itu LUAS..karena Luas itulah..m’buat qt jd org yg banyak tau & b’wawasan luas..karena banyak tau maka kita banyak dpt masalah..karena banyak masalah itulah yg m’buat qt berjiwa besar..”

So..dsni qt gak bahas ttg jiwa besar..tp ttg Planologi scra mendasar..Planologi (yg sekarang menjadi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) adalah suatu jurusan yg mendalami hampir semua ilmu2 pengetahuan yg ada d bumi ini secara menyeluruh namun tidak mendalam (hanya permukaan saja)..dan kali ini..qt akan berbagi ttg kata mendasar d PWK, “perencanaan/planning..”.teori ini berasal dr sebuah buku asing yg di kasih salah seorang dosen..dan mahasiswa dberi tugas u/ menterjemahkannya k bhsa Indonesia..

Istilah ‘perencanaan’ digunakan dalam berbagai cara yang berbeda, yang sering kali membuat orang bingung tentang apa arti yang sebenarnya ketika mereka berbicara tentang perencanaan atau ketika mereka menggunakan kata-kata seperti ‘rencana’ dan ‘perencana’. Selain itu, banyak dari penggunaannya yang sangat luas dimana unsur utama perencanaan sulit diidentifikasikan dan tidak dapat dengan mudah dibedakan dari aktivitas lain yang berhubungan, seperti membuat kebijaksanaan atau pelaksanaan rencana. Terdapat sebagian kerancuan di balik penggunaan istilah perencanaan yang menjadi petunjuk salah satu penulis untuk mengemukakan artikelnya ‘jika perencanaan adalah segalanya, mungkin dia tidak akan ada’ (If planning is everything, maybe it’s nothing) (Wildavsky, 1973).

u/ lebih detailnya, klik disini..

3 Comments »

  1. Lisa Kurniati Said:

    Gw pingin diskusi aja gimana yah ??

  2. amie Said:

    diskusi ttg ap dulu ne..mulai aja dsni..

  3. Mie2 Said:

    Hluw…discuss abT PLANOLOGY seroe…tapi yang eMg ngBwt binGoeng,gmn asal asul kok planologi berubah namE jd PWK?????plz kirim artikel seru lain k ID a,,,,thx b4


{ RSS feed for comments on this post}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: