Dongeng sang katak

arrrgh..huh..ud jam segini..mata kok blm ngantuk jg seh..pdhl bsk jadwal padeet bgt..
hmmh..yasud..daripada nganggur..mending ngdongeng ajah..sp tau hbs ni bs ngantuk..’n mimpi indah..

dongeng ini bukan sekedar dongeng..tp ad nilai m’dasar yg pengen disampaikan..

Alkisah seekor katak yg t’jebak dalam kubangan lumpur..dia pengen banget keluar dr kubangan itu..tp di merasa gak mampu melakukannya..kasiaan..kemudian setelah beberapa lama datang seekor kelinci..lalu t’jadi komunikasi antara keduanya..

Kelinci : wahai katak..sedang apa kamu dlm kubangan itu..??
Katak : wahai kelinci..tolong keluarkan Aq dr kubangan ini..Aq t’jebak..
Kelinci : kamu kan pandai melompat..kenapa gak di coba aja..??!!
Katak : Aq sdh m’coba dr tadi..tp gak bs juga..tolong bantu Aq..tolong tarik Aq dgn kakimu..
Kelinci : Baiklah..Aq akan coba menolongmu..raih kakiku..kemudian pegang kuat-kuat..
Katak : tp kakimu kurang panjang wahai kelinci..Aq gak bisa meraihnya..tolong panggilkan binatang lain yg lebih panjang kakinya..sehingga Aq bs meraihnya..
Kelinci : Baiklah..tunggu disini sebentar..Aq akan pergi meminta tolong kepada binatang lain yang lebih panjang kakinya..

lalu..belum ada beberapa langkah sang kelinci b’paling dari sang katak untuk m’carikan binatang lain..tiba-tiba sang katak sudah berlari di belakang sang kelinci..serta merta sang kelinci kaget..lalu sang kalinci pun b’tanya..
Kelinci : wahai katak..sedang apa kamu di belakangku..??bukankah tadi kamu t’jebak dlm kubangan lumpur disana..??!!
Katak : iya..tadi memang Aq t’jebak..tp tiba-tiba Aq melihat sebuah truk hendak melintasi kubangan itu..daripada Aq mati terlindas truk..lebih baik Aq melompat saja..sukurlah Aq selamat..
Kelinci : Oalaaahh..??!!

the end..

ha..ha..ha..sekalipun gajah yg dtg & b’usaha menolong sang katak u/ keluar dr kubangan dgn m’ulurkan belalainya..pastinya sang katak gak bakal bs di tolong..kl gak ada truk yg melintas..
makanya..jgnlah b’sikap spt sang katak pd cerita diatas..krn hakikatnya..yg bs memecahkan setiap masalah qt bukanlah siapa2..melainkan diri qt sendiri..mudah2an dongeng diatas bisa mjd pelajaran buat qt..dlm menyikapi setiap p’mslahan hidup..
HhOoaahHmm..ud ngantuk ne..nite..

10 Comments »

  1. kunto Said:

    pangeran bertanya kepada sang kalong: “hai, kalong..knapa kamu nda tidur aja…besok kan asistensi n TOT!!!”

  2. amie Said:

    sang kalong pun menjawab..soalnya bingung nyiapin bahan buat asistensi..saking bingungnya..sampe gak tau ap yg mesti di garap..yasud..drpd stress..mending FSan ajah..E..e..jd lupa wktu..finally bangun kesiangan..gak ikut asistensi de..he..he..

  3. mitra Said:

    CHAYOOO…. lagi seneng2nya ngisi BLOG nih… mau nyaingin mitra ya mi… huehuehue…

  4. kunto Said:

    “kalong..kalong..
    sekali sekali minta asistensi malem hari aja” kata sang pangeran rupawan nan budiman

  5. amie Said:

    hmmh..pangeran budiman mana yg mau asistensi malem..??wong dosen yg budiman-kajur- ajah gak mau kok..

  6. SmuDa_SMD Said:

    Hehehehe, lucu lucu… Sekali2 dosennya didongengin donk.

  7. wawa Said:

    Lucu jg dongengnya..Tp sangat membangun. Menyadarkan org yg baca (termasuk sy)..
    Emm..mas cocok jd pendongeng..teruslah berkarya..hehehe…

  8. amie Said:

    ok..emg hidup itu mesti berkarya..tp semua karya biasanya jarang yg bener2 orisinil..biasanya dpt ilham drmn gt..tp yg penting kan bukan sp yg berkata melainkan apa yg d katakan..’n qt bs memetik sesuatu dr situ..kan??!!
    oya..wawa punya web/email/FS??kali aja qt bs berbagi lbh banyak gt..??

  9. Lathiyfah Said:

    Hmm,.. salam kenal!
    Emang sih kadang masalah yang kecil dapat dikalahkan oleh masalah yang besar, dan masalah besar dapat dikalahkan oleh masalah yang lebih besar lagi,.. dan begitu seterusnya.

    Untuk itu ada fiqh aulawiyat (fiqh prioritas) dalam Islam. Subhanallah begituu sempurnanya Islam.

    Btw, boleh izin ngopy artikelnya ya?

  10. EKA MAHAKAM Said:

    SEbenarnya Sy lum s4 baca dongengnya. tapi dongeng ini bisa Saya gunakan bwt bahan ajar Saya di kelas. klw bisa tambahin sestra hikayatnya yah… salam kenal Eka Mahakam…


{ RSS feed for comments on this post}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: